audit

Pengertian Internal Audit

Pengertian Internal Audit menurut saya, bukan berdasarkan pakar atau ahli, Internal Auditing ialah proses investigasi internal atas pengendalian yang dilakukan administrasi apakah berjalan dengan baik serta efektif, sampai unit unit yang menjalankan sudah sesuai dengan mekanisme prosedur yang telah ditetapkan.

Pihak yang menilik ialah auditor internal, artinya yang menilik itu ialah “karyawan” perusahaan itu sendiri, untuk tujuan pihak manajemen, tujuan internal perusahaan, tidak untuk pihak eksternal.

Internal Auditing ialah proses investigasi internal atas pengendalian yang dilakukan mana Pengertian Internal Audit
internal audit

Makara contohnya administrasi memiliki planning katakanlah planning A, yang ditugasi menjalani planning A ini ialah anak buahnya si administrasi itu, nah apakah anak buahnya yang aneka macam ini kerjanya becus apa tidak?

Efektif apa tidak?

Jangan jangan planning A nya tidak berjalan baik?

Jangan jangan planning A alhasil tak maksimal? jangan jangan anak buahnya tidak menjalankan dengan semestinya dan jangan jangan yang lainnya.

Disinilah fungsinya internal audit, internal audit dilakukan supaya semua planning yang sudah disusun dan diputuskan dihukum dengan baik supaya dapat berjalan dan tidak menyimpang supaya tujuan si administrasi dengan rencananya dapat terwujud

Pihak yang melaksanakan pemeriksaaan ini di sebut Internal Auditor, bukan eksternal auditor.

Beda lagi, eksternal auditor itu suruhannya yang punya perusahaan untuk menilik si manajemen, dari luar perusahaan yang independen harusnya, untuk lengkapnya supaya pembahasan ini tidak out of topic. Eksternal auditor dapat dibaca: akuntan publik.

Dan siapa itu auditor? untuk pengertian auditor sendiri dapat anda baca di : pengertian auditor

Nah kini pengertian internal audit berdasarkan pakar atau mahir tentang, tentunya anda harus lebih percaya ini daripada goresan pena saya yang di atas.

Pengertian Internal Audit

Hiro Tugiman [2006:11]

Internal audit merupakan suatu fungsi penilaian independen didalam entitas/organisasi guna menguji serta mengevaluasi acara yang dilaksanakan.

Mulyadi [2002:29]

Internal Audit ialah auditor yang bekerja didalam suatu entitas/perusahaan yang bertugas untuk mengetahui apakah mekanisme serta kebijakan yang sudah disusun dan ditetapkan oleh administrasi telah diptuhi, menenttukan apakah penjagaan atas kekayaan entitas/organisasi sudah baik atau tidak, menetukan tingkat efektivitas dan efisiensi mekanisme acara kegiatan organisasi, serta menetukan kehandalan informasi yang telah dihasilkan oleh bab cuilan dari entitas/organisasi.

IIA yang dikutip Sawyer [2005:8]

Internal Audit merupakan fungsi penilaian yang dibuat oleh entitas guna memeriksan serta mengevaluasi acara entitas sbgai jasa yang telah diberikan kpd entitas perusahaan.

Tujuan Internal Audit

Hiro Tugiman [2006:11]

Internal audit bertujuan untuk membantu anggota entitas organisasi supaya dapat melaksanakan tanggung jawab dengan efektif.

Internal Audit akan menganalisis, mengajukan beberapa saran dan penilaian. pemeriksaaan juga meliputi pengawasan efektif dgan biaya yg wajar.

Sukrisno Agoes [2004:222]

Audit Internal bertujuan untuk membantu administrasi dalam melaksanakan tanggung-jawabnya dengan menganalisa, menilai dan memberiksaran serta komentar wacana acara yang diperiksa.

Untuk mencapai tujuan internal audit, ini yang harus dilakukan oleh auditor internal:

  • Memastikan kebijakan, planning serta mekanisme yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajmen untuk ditaati
  • Menilai kebaikan, berbagi pengedalian secara efektif dengan biaya yang wajar, juga mengetahui elok tidaknya sistem pengendalian yang ada. baik pengendlian internal, pengendalian administrasi maupun pengendalian oprasional yang lain.
  • Memastikan harta perusahaan dipertanggung-jawabkan serta dilindungi dari terjadinya misal kehilangan, kecurangan, disalahgunakan, pencurian dan lain sebagainya
  • Memberi saran perbaikan operasional untuk lebih efektif dan efisien lagi.
  • Menilai mutu kualitas pekerjaan.oleh bab cuilan perusahaan yang telah dibebankan oleh manajemen.
  • Memberi kepastian bahwa data data yang diolah dalam perusahaan dapat dipercaya

Fungsi serta Lingkup Internal Audit

Internal audit berfungsi untuk alat bantu administrasi guna menilai tingkat efektif dan keefisienan pengendalian internal perusahaan, memberi saran ataupun rekomendasi serta menawarkan nilai tambah untuk administrasi sebagai dasar pengambilan keputusan atau tindakan berikutnya.

Menurut Konsersium Organisasi Profesi Audit Internal

Penanggung jawab fungsi audit intern harusnya mengelola fugsi internal audit dengan efisien serta efektip guna memastikan kegiatan tersebut memberi nilai lebih untuk entitas perusahaan.

Ruang lingkup Internal Audit berdasarkan Guy [2002:410]

Meliputi investigasi serta penilaian memadai dan juga tingkat efektifitas pengendalian intern perusahaan dan mutu pekerjaan dalam melaksanakan tanggung jawab yang ditugaskan.

Tags
Show More

Related Articles

Check Also

Close
Close