auditprofesi akuntansi

Siapa Auditor Itu ?

Pengertian Auditor – Dalam bahasa yang sederhana, Auditor yaitu tukang periksa laporan keuangan.

Apakah laporan keuangan tersebut telah masuk akal atau tidak ?

Telah sesuai dengan prinsip prinsip akuntansi yang berlaku atau tidak ?

Orang atau pihak yang menyidik disebut dengan AUDITOR

Sebelumnya saya telah menulis mengendai dasar dasar dari pengertian audit mungkin sanggup membantu menambah pemahaman lantaran artikel ini juga berkaitan.

Pengertian Auditor 

 Auditor yaitu tukang periksa laporan keuangan Siapa Auditor Itu ?
Pengertian Auditor

Siapa Auditor itu ?

Auditor yaitu seseorang yang menyatakan suatu pendapat atas suatu laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen, dalam hal kewajaran pada seluruh hal yang sifatnya material, posisi keuangan serta arus kas yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia

Jika dilihat dari sudut profesi akuntan publik.

Auditor yaitu seorang yang melaksanakan investigasi (examination) secara obyektif terhadap laporan keuangan suatu perusahaan yang bertujuan untuk memilih apakah laporan keuangan yang telah disusun tersebut menyajikan informasi keuangan secara wajar, dalam segala hal yang bersifat material, posisi keuangan serta hasil perjuangan entitas bisnis atau perusahaan tersebut.

Auditor sanggup dibagi menjadi dua.

Auditor Internal dan Auditor Eksternal.

Auditor internal yaitu auditor yang juga sanggup sebagai karyawan dalam perusahaan daerah ia berada

Sedangkan auditor eksternal yang biasa dikenal sebagai akuntan publik merupakan auditor independen yang berada diluar lingkungan perusahaan.

Prosedur Auditor  

  1. Tahap Perencanaan, Sebagai suatu perencanaan mutlak harus dilakukan semoga auditor sanggup mengenal benar objek yang nantinya akan diperiksa sehingga sanggup menghasilkan aktivitas audit yang disusun sedemikian rupa semoga dalam pelaksanaannya sanggup berjalan secara efektif serta efisien.
  2. Tahap mengidentifikasi resiko dan kendali, tahapan ini mempunyai kegunaan untuk memastikan qualified resource telah dimiliki, dalam hal ini aspek sumber daya insan yang telah berpengalaman dan juga acuan praktek praktek yang terbaik.
  3. Mengevaluasi atas kendali serta mengumpulkan aneka macam bukti dengan aneka macam cara teknis termasuk diantaranya observasi, survei, interview, serta review dokumentasi.
  4. Mendokumentasikan serta mengumpulkan semua temuan dan mengidentifikasikannya dengan audit.
  5. Menyusun laporan. Tahap ini meliputi tujuan atas pemeriksaan, sifat, serta tingkat kedalaman investigasi yang telah dilakukan.

Spesifikasi seorang auditor didalam sebuah perusahaan :

1. Berada dibawah Dewan Komisaris

Staf internal audit bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris.

Hal lni disebabkan perusahaan memerlukan bentuk pertanggung tanggapan yang lebih besar, termasuk seorang administrator utama sanggup diteliti oleh seorang internal auditor.

Pada perkara ini, penggalan pemeriksa internal bergotong-royong yaitu alat pengendalian terhadap performa administrasi yang dimonitor oleh pihak komisiaris perusahaan.

Hal ini menunjukan bahwa internal mempunyai kedudukan yang berpengaruh didalam organisasi perusahaan.

2. Berada dibawah Direktur Utama

Didalam sistem ini seorang auditor internal bertanggung jawab kepada administrator utama.

Sistem ini umumnya jarang dipakai mengingat administrator utama yang terlalu sibuk dengan tugasnya yang berat yang kemungkinan tak sempat mempelajari laporan hasil investigasi yang disusun auditor internal.

3. Berada dibawah Kepala Bagian Keuangan

Didalam sistem ini kedudukan auditor internal didalam struktur organisasi sebuah perusahaan berada pada posisi dibawah koordinasi dari kepala penggalan keuangan.

Bagian auditor Internal bertanggung-jawab kepada kepala keuangan perusahaan atau biasanya disebut sebagai Controller.

Namun perlu untuk diketahui bahwa umumnya kepala penggalan keuangan juga bertanggung-jawab atas problem mengenai keuangan dan akuntansi perusahaan.

Tags
Show More

Related Articles

Check Also

Close
Close