Besaran

Pengertian Besaran Dan Satuan

Sebelumnya besaran fisika dan besaran non fisika. Pada postingan tersebut sudah disinggung bahwa besaran yakni sesuatu yang sanggup dinyatakan dengan angka atau nilai dan mempunyai satuan. Besaran memerlukan angka. Angka dari besaran itu memerlukan pengiring. Panjang meja akan mempunyai angka dengan pengiringnya. Tidak hanya panjang meja 150, tetapi panjang meja 150 cm. Tidak juga suhu badan orang yang sehat 37, tetapi suhu badan orang sehat 37 derajat Celsius. Begitu juga dengan besaran lainnya. Pengiring angka pada besaran itu disebut satuan. Jadi, satuan yakni ukuran dari besaran yang berupa angka atau nilai. 

Untuk lebih memahami pengertian besaran dan satuan, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
a.  Pembalap tersebut bisa mengedarai sepeda motor dengan kecepatan 200 km/jam
b.     Panjang penggaris Budi 32 cm
c.      Eka Santika ke sekolah memerlukan waktu 30 menit
d.     Tinggi pintu Agus 30 jengkal
Kecepatan, panjang, waktu,dan tinggi merupakan besaran, sedangkan 200, 30, 32 dan 10 merupakan nilai besaran. Sementara km/jam, cm, menit dan depha merupakan satuan.
Setelah memahami pengertian besaran dan satuan, maka selanjutnya mempelajari jenis-jenis besaran. Besaran dibedakan menjadi dua kelompok yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Selain itu ada pembagian besaran yang lain menurut besarnya nilai dan arahnya, yaitu besaran vektor dan besaran skalar.

Tags
Show More
Close