Bank Soalkumpulan soal sejarahSejarah SMA

Contoh Soal Essay Dan Tanggapan Sejarah Wajib K13 Kelas Xi Semester 2 Part-7

Contoh Soal Essay dan Jawaban Sejarah Wajib K13 Kelas XI Semester 2 Part-7 atau bab ke-7 ialah bab terakhir dari bahan soal-soal essay sejarah yang diambil dari Bab2, yaitu soal tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dengan sub pokok bahasan soal-soal perihal Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Pembentukan Pemerintahan Indonesia dan Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bagi anda yang belum membaca goresan pena soal perihal proklamasi kemerdekaan Indonesia bab sebelumnya, sanggup membacanya mulai dari soal essay bab ke-4 hingga bagian ke-6 (soal nomor 66-80).

Oke, berikut soal essai sejarah kelas 11 semester genap kurikulum 2013 edisi revisi beserta balasan untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari pertanyaan nomor 81.

81. Sebutkan proposal dasar negara yang dismpakan oleh Ir. Soekarno!
Jawaban: Rumusan dasar Negara yang diajukan oleh Ir. Soekarno:
a. Kebangsaan Indonesia
b. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
c. Mufakat atau demokrasi
d. Kesejahteraan sosial
e. Ketuhanan yang berkebudayaan

82. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan dari sudut Ilmu Hukum!
Jawaban: Dari sudut Ilmu Hukum, maka proklamasi atau pernyataan yang berisikan keputusan bangsa Indonesia telah menghapuskan tata aturan kolonial untuk pada ketika itu juga digantikan dengan tata aturan nasional (Indonesia)

83. Jelaskan berdasarkan pendapat Anda, apa yang dlakukan oleh bangsa Indonesia semoga gosip proklamasi kemerdekaan Indonesia hingga ke semua penjuru Indonesia!
Jawaban: Dari lisan ke mulut, sehingga orang yang akan berpergian ke tempat lain sanggup memberitahukan gosip proklamasi kemerdekaan Indonesia di tempat yang disinggahinya. Selain itu, sanggup juga melalui pemancar radio yang ketika itu sudah terpasang, dengan menyiarkan gosip perihal proklamasi kemerdekaan Indonesia.

84. Jelaskan jasa Laksamana Maeda bagi kemerdekaan Indonesia!
Jawaban: Laksamana Muda Maeda mempunyai tugas yang cukup penting dalam kemerdekaan Indonesia dengan mempersilahkan kediamannya yang berada di Jl. Imam Bonjol No. 1 Jakarta Pusat sebagai tempat penyusunan naskah proklamasi oleh Soekarno, Mhammad Hatta dan Achmad Soebardjo, ditambah sang juru kerik Sayuti Melik. Selain itu, ia juga bersedia menjamin keamanan bagi mereka. Kini, bekas kediamannya itu menjadi Museum Perumusan Naskah Prokalamasi.

85. Apa saja hasil sidang PPKI yang pertama?
Jawaban: Pengesahan Undang-Undang Dasar 1945, penetapan Ir. Soekarno sebagai presiden dan Moh. Hatta sebagai wakil presiden, pembentukan Komite Nasional.

86. Apa tujuan dibentuknya BKR?
Jawaban: Tujuan dibentuknya BKR untuk memelihara keselamatan masyarakat dan keamanan di banyak sekali wilayah.

87. Sebutkan tokoh golongan bau tanah yang merumuskan teks proklamasi!
Jawaban: Ir. Soekarno, Drs.Moh. Hatta, Mr. Ahmad Soebardjo

88. Sebutkan Provinsi pada awal kemerdekaan Indonesia!
Jawaban: Provinsi Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Sunda Kecil, Maluku

89. Apa jasa Ahmad Soebardjo dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?
Jawaban: Menjelang proklamasi kemerdekaan, ia duduk dalam keanggotaan BPUPKI. Beliau juga termasuk dalam Panitia Sembilan yang menghasilkan Piagam Jakarta. Perannya yang sangat penting ialah menjadi penengah antara golongan muda dan Soekarno dalam insiden Rengasdengklok.

90. Kapan sidang PPKI edua dilaksanakan? Sebutkan hasil dari sidang PPKI kedua tersebut!
Jawaban: Sidang PPKI dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945. Sidang tersebut menghasilkan 3 buah keputusan, yaitu:
1) Pembagian Wilayah Indonesia
2) Pembentukan Departemen dan Pemerintah Daerah
Tags
Show More

Related Articles

Close