Pengelompokan Makhluk Hidup Menurut 5 Kingdom

Posted on
Sistem pembagian terstruktur mengenai yang berkembang ketika ini yakni membagi makhluk hidup menjadi lima kingdom. Adapun kelima kingdom ini terdiri dari Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Ada empat dasar penempatan makhluk hidup ke dalam salah satu kingdom, yaitu ada atau tidaknya inti sel, banyaknya sel yang tampak, cara pembuatan makanan, dan cara gerak makhluk hidup.
1. Kingdom Monera
Makhluk hidup yang termasuk kelompok kingdom monera, yaitu basil (misalnya spirillum, basil, dan kokus) dan sianobakteri (misalnya ganggang biru). Anggota kingdom ini terdiri dari makhluk hidup kecil (mikroorganisme) yang bersel satu dengan struktur badan sangat sederhana. Selnya tidak mempunyai membran inti (prokariotik) yang melindungi inti sel. kelompok kingdom monera hanya sanggup dilihat dengan memakai mikroskop. Monera berkembang biak dengan membelah diri secara pribadi (amitosis).
2. Kingdom Protista
a) Protista Mirip Hewan
Protista yakni makhluk hidup yang sederhana dan hidup di daerah yang berair. Protista ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak. Anggota protista ada yang ibarat tumbuhan, ibarat hewan, dan ibarat jamur. Anggota protista dikatakan ibarat flora sebab memperoleh kuliner dengan cara fotosintesis. Menyerupai binatang dan jamur sebab memperoleh kuliner dari organisme lain. Protista yang ibarat binatang di antaranya Amoeba dan Paramaecium
b) Protista Mirip Tumbuhan
Jenis Protista yang seolah-olah flora yakni Euglena viridis. Euglena viridis seolah-olah flora sebab sanggup menciptakan kuliner sendiri melalui proses fotosintesis. Ciri-ciri Euglena viridis di antaranya hidup di air tawar, berklorofil, dan bergerak dengan flagel atau bulu cambuk.
3. Kingdom Fungi
Fungi merupakan makhluk hidup kecil (mikroorganisme) yang berperan sebagai pemakan (konsumen) dan dekomposer (pengurai). Fungi memperoleh kuliner dengan cara menyerap (mengabsorpsi) sisa makhluk hidup yang telah mati. Makhluk hidup yang termasuk fungi mempunyai ciri berinti sel, berdinding sel, tidak mempunyai klorofil, dan cara memperoleh kuliner dengan saprofit dan parasit.
Beberapa filum atau divisi yang masuk dalam kingdom fungi adalah:
  1. Divisi Phycomycetes
  2. Divisi Ascomycetes
  3. Divisi Basidiomycetes
  4. Divisi Deuteromycetes
4. Kingdom Plantae
Apakah kau pernah mengamati flora yang terdapat di permukaan kolam, sawah, kebun, halaman rumah, halaman sekolah, atau daerah lainnya? Jika kau amati lingkungan di sekitarmu, tentu kau akan menemukan pohon besar dan tinggi, tumbuhan semak, atau rerumputan. Jenis pohon-pohon tersebut termasuk Kingdom Plantae.
Kingdom plantae termasuk makhluk hidup yang tidak sanggup berpindah tempat, mempunyai sel eukariotik, bersel banyak, mempunyai klorofil, dan sanggup melaksanakan fotosintesis. Tumbuhan mempunyai jenis yang banyak dan bervariasi, baik ukuran, bentuk, warna, dan daerah hidupnya. Fosil flora ditemukan berusia 400 juta tahun yang kemudian dan gres sekitar 500 ribu jenis yang telah diberi nama.
Kingdom plantae (tumbuhan) dibagi menjadi dua kelompok, yaitu flora tidak berpembuluh dan flora berpembuluh. Tumbuhan tidak berpembuluh yakni flora yang tidak mempunyai akar, batang, daun, serta tidak mempunyai pembuluh untuk mengangkut zat makanan. Tumbuhan berpembuluh yakni flora yang mempunyai akar, batang, daun, dan pembuluh untuk mengangkut zat makanan.
5. Kingdom Animalia
Anggota kingdom animalia mempunyai ciri bersel banyak, tidak berklorofil, memperoleh kuliner dari organisme lain (heterotrof), tidak berdinding sel, dan mempunyai kemampuan untuk berpindah tempat. Secara umum, kelompok kingdom animalia mempunyai ciri-ciri berikut. :
  1. Tidak sanggup menciptakan kuliner sendiri.
  2. Mampu mencerna kembali kuliner yang sudah dimakan (proses pengubahan zat kuliner menjadi molekul-molekul kecil).
  3. Mampu berpindah tempat.
  4. Hewan bersel satu (uniseluler) dan bersel banyak (multiseluler).
Kerajaan binatang (kingdom animalia) dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok invertebrata dan kelompok vertebrata. Kelompok invertebrata terdiri dari beberapa kelompok, yaitu kelompok Porifera (Sponsa), Coelenterata (Cnidaria), Mollusca, Echinodermata, Platyhelminthes (cacing pipih), Nematelminthes (cacing giling), Annelida (cacing gelang), dan Arthropoda.